Jumat, 07 September 2012

Makassar Susul Jakarta Jadi Lahapan Si Jago Merah


Setelah berbagai media lokal maupun nasional ramai memberitakan maraknya terjadi kebakaran di beberapa titik di Jakarta, kini giliran Makassar jadi santapan ganasnya si jago merah. Kebakaran yang terjadi pada Selasa malam, 4 September, sekira pukul 23.00 Wita itu, melahap belasan rumah yang ada Jl Dr Ratulangi, Lr I Makassar. Akibat kelalaian ini membuat ratusan warga Ratulangi terpaksa mengungsi.

Titik api berasal dari puntung rokok salah seorang peminum ballo’ yang telah melakukan pesta miras pada malam hari. Dalam keadaan mabuk,  tak sengaja puntung rokoknya dibuang ke rumah yang menjadi agen bensin enceran. Pun warga sekitar yang tengah terlelap tak menyadari jika api tengah menghanguskan rumah-rumah mereka, bersamaan api yang membesar  barulah warga pada bangun dan  panik menyelamatkan keluarga dan barang-barang berharga.

Sebenarnya ganasnya api malam itu sangat mudah dijinakkan, jika saja pemadam kebakaran dapat dengan dekat menyirami titik api. Namun jalur sempit di pemukiman padat penduduk itu menjadi penghambat masuknya mobil pemadam kebakaran sehingga petugas pemadam kebakaran hanya mampu menyemprotkan air dari jarak yang cukup jauh.

Seharunya, pengaturan dan tata kelolah pemukiman yang padat penduduk telah dipikirkan dari jauh hari sebelumnya agar kasus kebakaran dapat ditekan seminim mungkin. Mulai dari Izin IMB, Amdal,  jalur transportasi dll, dan ketika hal serupa terulang petugas pemadam kabakaran dengan mudah menjinakkan si jago merah, pun korbannya tak perlu mengungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar